Menyajikan hidangan seputar informasi sederhana untuk anda

Menumbuhkan rasa percaya diri

Rasa percaya diri (anak muda biasa menyebutkan PD), adalah modal utama menuju keberhasilan. Mereka yang telah putus harapan, jangan harap menemukan jalan kesuksesan. Karena itu, tumbuhkan rasa percaya diridibenak kita, dan yakinlah bahwa sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. Disini ada beberapa jurus ampuh cara menumbuhkan rasa percaya diri, antara lain :

percaya diri

1. Bangun pola pikir yang benar.

Everything is green, segalanya hijau, segar, menyenangkan. Pemikiran positif seperti itu perlu dibangun, untuk mengusir segala pikiran yang buruk, yang menyeret kepada kesengsaraan dan kedukaan. Faktor yang paling efektif untuk membahagiakan manusia adalah dalam kemampuanya berfikir dan bernalar. Dengan pikiran yang positif dan jernih kejadian sulit tak akan membuat anda takluk dan menyerah. Meskipun pahit penderitaan akan menghasilkan buah yang istimewa bagi pikiran dan jiwa.

2. Hapus segala kenangan buruk.

Didalam batin kita, bisa jadi masih tersembunyi kenangan-kenangan buruk. Baik berupa penderitaan atau peristiwa pahit yang berada dibawah alam sadar. Musuh yang tersembunyi ini tak pernah berhenti, menimbulkan kejelekan atas jiwa, pikiran dan tingkah laku kita. Jika kita periksa dengan hati-hati, kenangan buruk inilah yang menyebabkan kita mudah berperasangka buruk dan negatif. Maka dari itu, halaulah segera dengan merendahkan diri dan mengikhlaskan apa yang terjadi.

3. Berikan kepercayaan kepada orang lain.

Inti dari rasa percaya diri adalah kepercayaan pada kita sendiri. Tanpa rasa percaya diri, tak akan ada rasa optimisme. Rasa percaya diri ini bertambah apabila kita mampu memberikan kepercayaan kepada orang lain, berhubungan dengan manusia lain, didasari saling percaya kiranya akan membuka pikiran kita untuk lebih percaya.

4. Introspeksi

Carilah waktu untuk bercermin, melihat dan mempertimbangkan potensi diri. Arahkan pandangan pada sisi ekstensi yang baik, dan buang suatu yang buruk penyuram kehidupan dahulu. Mungkin selama ini fokus pandangan masih sisi negatif yang wajar dimiliki seorang manusia sehingga potensi kebaikan terabaikan. Pilihan jalan yang tepat akan memudahkan dalam melihat diri sendiri dan mengarahkan ke segi positifnya demi kemajuan bersama.

5. Bergaul dengan banyak orang.

Mengenal beragam sifat dan macam-macam manusia dari pergaulan, akan menambah wawasan kita tentang hidup. Dengan bergaul kita dapat melihat bahwa diri kita pun ada kekurangan. Juga harus dihindari prasangka yang buruk terhadap orang lain. Karena prasangka ini sangat merusak pikiran positif, dan membawa kita pada keburukan moral yang akhirnya akan membatasi kepada pergaulan.

6. Cari teman yang baik.

Salah satu metode yang efektif dalam mengembangkan percaya diri adalah dengan menjalin persahabatan dengan orang-orang yang baik. Karena berbagai pemikiran peribadi itu berkembang dibawah bayang persahabatan. Manusia mudah sekali terbentuk watak-watak orang lain melalui hubungan timbal balik diantara mereka. Menjalin persahabatan dengan teman-teman yang baik akan membantu kita membangun sifat yang baik dan citra diri yang positif.

Oleh : Ardany
Pada : Selasa, 16 Juni 2015

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjunganya

Jika anda kurang puas :
1. Silahkan berkomentar secara bijak
2. Dilarang berkomentar dengan berbau unsur SARA
3. Dilarang berpromosi iklan atau produk