Memahami Teks Diskusi "Bolehkah Siswa Membawa Telepon Seluler ke Sekolah?"
Sebelum membaca teks "Bolehkah Siswa Membawa Telepon Seluler ke Sekolah".Jawablah pertanyaan berikut.
1) Pernahkah kamu berdiskusi?
2) Apa manfaat diskusi di dalam kehidupan sehari hari?
3) Apa yang kamu ketahui tentang diskusi?
4) Sebutkan jenis jenis diskusi!
5) Bagaimana mengupayakan supaya diskusi bermanfaat untuk memecahkan atau mencari titik temu dalam menghadapi persoalan?
6) Bagaimana kalau di dalam diskusi itu tidak diperoleh titik temu?
7) Ceritakan pengalamanmu secara lisan tentang langkah langkah yang harus dilakukan dalam berdiskusi!
Jawabanya :
1. Pernah, saya pernah berdiskusi dengan teman teman saya
2. Manfaat diskusi dalam kehidupan sehari hari ialah menyelsaikan masalah yang sedang dihadapi.
3. Diskusi adalah pertukaran pikiran, gagasan, pendapat antara 2 orang atau lebih
4. Jenis jenis diskusi :
a. Seminar --> pertemuan khusus yang memiliki teknis dan akademis yang tujuanya untuk melakukan
study menyeluruh tentang tentang suatu topik tertentu dengan pemechana suatu permasalahan yang memerlukan interaksi diantara para peserta.
b. Sarasehan --> pertemuan yang dilakukan untuk mendengarkan pendapat seseorang yang ahli didalam kegiatan tertentu, kegiatan ini dilakukan dengan cara mengundang sekelompok undangan tertentu.
c. Simposium --> pertemuan untuk mendiskusikan suatu kumpulan pendapat atau karangan.
d. Diskusi panel --> forum pertukaran pikiran yang dilakukan sekelompok orang yang membahas topik tentang kelebihan pada masyarakat
e. Kongres --> pertemuan wakil organisasi untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan mengenai
suatu permasalahan suatu masalah
f. Muktamar --> pertemuan tertinggi yang diadakan oleh pemimpinpusat dalam sebuah organisasi
g. Lokakarya --> pertemuan para ahli untuk membahas masalah praktis/ yang bersangkutan dengan
pelaksanaan dlam bidang keahlian
5. Manghargai pendapat teman teman, tidak egois, membangkitkan minat anggota untuk menyampaikan gagasan.
6. Kalau didalam diskusi tidak diperoleh titik temu maka kita harus membahasnya lebih serius.
7. Pengalamanku :
a. Diskusi dibuka oleh ketua
b. Menyampaikan apa masalahnya
c. Anggota menyampaikan gagasan
d. Mengambil kesimpulan
Diskusi merupakan salah satu bentuk kegiatan wicara. Diskusi adalah pertukaran pikiran, gagasan, pendapat antara 2 orang atau lebih secara lisan. Tujuanya mencari kesepakatan gagasan atau pendapat. Jenis jenis diskusi antara lain : seminar, sarasehan, simposium, diskusi panel, kongres, muktamar, lokakarya.
Untuk mengatahui pamahamanmu tentang teks diskusi " Bolehkan Siswa Membawa Telepon Seluler Ke Sekolah?" Jawablah pertanyaan berikut.
1. Mengapa siswa dilarang membawa telepon seluler ke sekolah? Sebutksn alasanya!
2. Mengapa ada sekolah yang membolehkan siswanya membwa telepon seluler ke sekolah? Sebutkan alasanya!
3. Isu apa yang didiskusikan dalam teks terebut?
4. Pada paragraf ke berapa masyarakat mendukung anak sekolah boleh membawa telepon seluler?
5. Pada paragraf ke berapa masyarakat menolak anak sekolah boleh membawa telepon seluler?
6.Apa simpulan dari teks tersebut?
7. Bagaimana pendapatmu tentang siswa membawa telepon seluler ke sekolah?
Jawaban :
1. Siswa dilarang membawa hp kesekolah karena hp dapat mengganggu konsentrasi saat belajar, membuat guru kehilagan waktu mengajarnya,
2. Karena sekoalh ada yang membuatuhkan telepon seluler itu untuk mencari materi di internet, seperti pada kurikulum 2013, kebanyakan murid disuruh mencari materi di internet jiak tidak ada dibuku.
3. Boleh atau tidaknya siswa membawa hp kesekolah
4. Paragraf 2.3.4
5. Paragraf 5 dan 6
6. Simpulanya pihak sekolah harus berdiskusi dengan orang tua siswa agar orang tua siswa mendapat kebijakan yang tepat.
7. Boleh saja kalau itu digunakan dengan bijaksana
Mengenali Struktur Teks Diskusi
* Isu = penulis menyampaikan masaah yang akan dibahas
* Argumen mendukung = penjabaran lebih lanjut tentang masalah yang sedang dibahas
* Argumen menentang = argumen yang bertentangan dengan pendapat yang mendukung
* Simpulan = menyimpukan dan merekomendasikan posisi atau pendapat akhir prnulis mengenai isu yang dibahas.
Unsur Kebahasaan Teks Diskusi
A. Penggunaan Konjungsi Perlawanan
Contoh :
1. Banyak sekolah, terutama di jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertma, melarang siswanya membawa telepon seluler, tetapi banyak juga sekolah yang membolehkan siswanya membawa telepon seluler kesekolah dengan berbagai persyaratan.
B. Penggunaan Kohesi Leksikal dan Kohesi Gramatikal
1. Kohesi Leksikal = kepaduan yang dicapai melalui pemilihan kata. Beberntuk pengulangan, sinonim, antonim, dan hiponim
2. Kohesi Gramatikal = kepaduan yang dicapai dengan menggunakan elemen atau aturan gramatikal. Berbentuk rujukan, subtitusi, dan elipsis.
3. Modalitas = kata yang mempunyai makna kemungkinana, kenytaan, dsb yang dinyatakan dalam kalimat.
Dampak Menonton televisi bagi remaja
A. Dampak Positif :
Pertama, Mendapat pengetahuan dari satu dunia
Kedua, Mendapat hiburan dari tontonan yang mendidik
Ketiga, Menghilangkan kebosanan
Keempat, Memberi informasi secara cepat
B. Dampak Negatif :
Pertama, cenderung lebih menonton tv daripada membaca
Kedua, Menyebabkan kecanduan
Ketiga, Kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar
Keempat, Terganggunya kegiatan wajib seperti sholat, makn dan mandi
Dampak Internet Bagi Pelajar
A. Identifikasi Teks Diskusi
Struktur Teks
|
Teks
|
Isu
|
Paragraf 1 dan 2
|
Argumen mendukung
|
Paragraf 2 dan 3
|
Argumen menentang
|
Pargraf 5
|
Simpulan
|
Paragraf 6
|
Klasifikasi Unsur Kebahasaan Teks Diskusi
*Ciri kebahsaan teks diskusi yaitu tanda hubung perlawanan seperti : tetapi, sedangkan, tidak...tetapi
, bukan...melainkan
a. Penggunaan tanda hubung perlawanan ( buku kemendikbud hal. 129)
1) Adik ingin bermain di luar rumah tetapi ibu melarangnya karena sedang hujan
2) Paman suka bermain basket sedangkan bibi suka bermain golf
3) Nadin tidak suka martabak telur tetapi ia suka martabak manis
4) Bukan mie yang diinginkan adik melainkan biskuit
5) Adik menangis tetapi kakak hanya diam saja
6) Kakek sangat suka berlibur sedangkan nenek suka dirumah saja
7) Tidak menangis tetapi hanya bersedih. itu sama saja
8) Bukan Reina yang melakukanya melainkan Zeinal yang melakukanya
9) Dzikri dan Roman bertengakar tetapi Anton hanya diam
10) Ibu sedang memasak sedangkan Raya sedang bermain boneka
b. Menelaah Teks Diskusi
1. Ejaan
Ejaan Yang Salah
|
Ejaan Yang Betul
|
Di buktikan
|
dibuktikan
|
Diseluruh dunia
|
Di seluruh dunia
|
Kriminil
|
Kriminal
|
Sekedar
|
Sekadar
|
Analisa
|
Analisis
|
Metoda
|
Metode
|
Jadual
|
Jadwal
|
Prosen
|
Persen
|
Apotik
|
Apotek
|
Praktek
|
Praktik
|
Mari Berdiskusi
Setelah membahas dan memahami Bab IV ,diskusikan bersama teman-temanmu tentang dampak penggunaan teknologi. Berilah tanda centang (v) pada colom memahami, kurang memahami, dan tidak memahami sesuai dengan pengalaman masing-masing.
No.
|
Pemahaman dan
Penerapan
|
Memahami dan
menerapkan
|
Kurang
Memahami dan Sudah Menerapkan
|
Tidak
Memahami dan Tidak Menerapkan
|
1
|
Ditengah tengah masyarakat banyak terjadi perbedaan pendapat dan
permasalahan yang harus dipecahkan bersama.
|
V
|
||
2
|
Ditengah tengah masyarakat yang majemuk, perbedaan pendapat
adalah hal yang biasa.
|
V
|
||
3
|
Menghargai pendapat orang lain merupakan salah satu ciri karakter
bangsa yang harus dijaga dan dipelihara.
|
V
|
||
4
|
Teknologi yang canggih seperti telepon seluler, televisi, dan
internetpun berdampak negatif ataupun positif.
|
V
|
||
5
|
Saya memahami struktur teks diskusi
|
V
|
||
6
|
Saya memahami unsur kebahasaan tek diskusi
|
V
|
Penjelasan :
1. Kami kurang memahami dan sudah menerapkan, karena saya kurang memahami hal tersebut dan saya menerapkan jika terjadi maslah diselesaikan secara baik agar tidak menambah masalah yang terjadi. Contoh : jika kami sedang berada dalam masalah kami selesaikan semua dengan berdiskusi
2. Kami memahami dan menerapkan, karena perbedaan pendapat memang biasa terjadi maka dari itu jika diskusi harus diselesaikan agar semua jelas. Contoh : saat diskusi si nana berpendapat lain, maka semua orang harus menghargainya
3.Kami memahami dan juga menerapkan, karena jika berpendapat tidak semua akan diterima. Jadi, harus menerima dan menghargai pendapat orang lain apapun hasilnya.
4. Saya kurang memahami tetapi yang pasti adalah teknologi canggih memang memiliki dampak negatif maupun positif.
(+) mendapat banyak pengetahuan dari manapun
(-) Membuat kita malsa jika sudah bersama dengan teknologi canggih tersebut
5. Saya memahami struktur teks diskusi. struktur teks diskusi meliputi :
* Isu = penulis menyampaikan masaah yang akan dibahas
* Argumen mendukung = penjabaran lebih lanjut tentang masalah yang sedang dibahas
* Argumen menentang = argumen yang bertentangan dengan pendapat yang mendukung
* Simpulan = menyimpukan dan merekomendasikan posisi atau pendapat akhir prnulis mengenai isu yang dibahas.
6. Saya memahami dan juga menerapkan Unsur kebahasaan teks diskusi, yang seperti :
A. Penggunaan Konjungsi Perlawanan
Contoh :
1. Banyak sekolah, terutama di jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertma, melarang siswanya membawa telepon seluler, tetapi banyak juga sekolah yang membolehkan siswanya membawa telepon seluler kesekolah dengan berbagai persyaratan.
B. Penggunaan Kohesi Leksikal dan Kohesi Gramatikal
1. Kohesi Leksikal = kepaduan yang dicapai melalui pemilihan kata. Beberntuk pengulangan, sinonim, antonim, dan hiponim
2.
Kohesi Gramatikal = kepaduan yang dicapai dengan menggunakan elemen
atau aturan gramatikal. Berbentuk rujukan, subtitusi, dan elipsis.
3. Modalitas = kata yang mempunyai makna kemungkinana, kenytaan, dsb yang dinyatakan dalam kalimat.
Perenungan
Teks diskusi memberi pelajaran bahwa jika akan menyelesaikan suatu masalah tidak harus dengan kekerasan tetapi diselesaikan secara baik agar tidak ada yagn tersakiti.
Teks diskusi juga memberi saya pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan saat diskusi agar bisa berlangsung dengan baik.
Teks diskusi membuat saya tampil tidak seperti anak anak yang ketika ada masalah tidak maudiselesaikan secara baik, walaupun tidak semua anak kecil.
Agen Bola Online & Casino Online Terpercaya
ReplyDelete1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN !!!
Casinobet77 Menyediakan Permainan Terbaru & Terbaik
Livecasino | Bolaonline | Sabungayam | PokerDomino | SpadeGaming | SlotGame | Tangkas | BatuGoncang | Jdb168 SlotGame | NumberGame Lottery
-----------------------------------------------------------------------
- Bonus Deposit MEMBER BARU Sportbook 100%
- Bonus Deposit 30% Khusus Permainan Sportbook
- Bonus Deposit 10% Setiap Hari Untuk Semua Game
- Bonus Deposit Setiap hari 5rb - 25rb
- Bonus Casino Rollingan 0.8% Setiap Hari Senin
- Bonus Rollingan Poker & domino 0,3%
- Bonus Cashback Game & Tangkas 5%
- Bonus Cashback Sportbook 5%
- Bonus Cashback Sabungayam 5%
- Bonus Referall 2% Semua Game
- Bonus Referall 1% dari member Togel
Contact Us Now :
Livechat Casinobet77
whatsapp : +85599495431
PIN BBM : D6235F1C
Wechat : casinobet77cs1
Line : casinobet77
skype : casinobet77
Link pendaftaran :lc.chat/now/8523001/